Senin, 15 April 2013

BAGIAN-BAGIAN TELINGA DAN FUNGSINYA


Telinga merupakan satu-satunya indra pendengangan manusia. Mau tau fungsi bagian-bagian telinga kita? Kali ini kita akan mengulas bagian-bagian telinga beserta fungsinya. Fungsi utama organ telinga dari manusia adalah mendeteksi & mengenali bunyi atau suara. Bagian utama dari telinga adalah telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.

Cara kerja telinga sendiri hanya sebagai pendeteksi suara, selanjutnya suara disampaikan keotak kita melalui syaraf yang menghubungkan telinga ke dalam otak. Selain sebagai pendeteksi suara, telinga ini juga digunakan sebagai penyeimbang posisi tubuh manusia. Bisa dilihat posisi telinga kiri dan telinga kanan simatris pada setiap manusia normal.
BAGIAN-BAGIAN TELINGA DAN FUNGSINYA


Untuk menambah pengatahuan, kita harus mengetahui fungsi dari organ tubuh kita sendiri. Berikut ini bagian-bagian telinga beserta fungsinya.

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya:

 

 1. Telinga Luar

a.)  Daun Telinga (pinna), fungsinya adalah mem-bantu mengarahkan bunyi atau suara  yang masuk ke lubang telinga yang kemudian diteruskan ke gendang telinga.

b.) Lubang Telinga (meatus auditorius eksternus), fungsinya adalah menangkap suara atau bunyi yang ada disekeliling kita. Lubang telinga atau liang telinga ini adalah bagian terpenting dari seluruh bagian-bagian telinga. Di lubang telinga ini akan menghasilkan kelenjar yang kemudian menjadi kotoran yang menumpuk di dalam telinga,oleh sebab itu kita harus secara rutin membersihkan kotoran-kotoran ini.

c.) Gendang Telinga (membran timpani), fungsinya adalah menerima dan meneruskan getaran-getaran suara menuju ke tulang pendengaran.

2. Telinga Tengah

a.) 3 Tulang Pendengaran, yaitu martir (malleus), landasan (incus) dan sanggurdi (stapes), fungsinya adalah meneruskan getaran suara yang disampaikan dari gendang telinga, getaran-getaran suara ini akan diteruskan oleh masing-masing tulang pendengaran ini secara berurutan dari martir ke landasan sampai sanggurdi yang kemudian diteruskan ke rumah siput (klokea).

b.) Saluran Eustachius, fungsinya adalah menghubung-kan ruang telinga bagian tengah sampai kebelakang faring. Saluran ini akan tertutup dalam kondisi biasa, dan mulai terbuka ketika kita sedang mengunyah makanan atau sedang menguap.

3. Telinga Dalam

a.)  Tulang Labirin (labirinosea), yang merupakan rangkaian dari rongga tulang pelipis yg di-lapisi oleh periosteum. Pada lapisan periosteum ini, mengandung cairan yang bernama perilimfe &  labirin membranasea yang posisinya berada lbh dlm dan mempunyai cairan endolimfe.

b.) Rumah Siput (klokea), pada rumah siput ini terdapat penampung melintang yg terdiri dari  skala media skala vestibuli, dan skala timpani. Skala vestibuli ini terhubung dengan stapeslewat jendela ber-selaput (tingkap oval). Sedangkan skala timpani terhubung dgn telinga tengah melalui tingkap bulat.


Demikian fungsi bagian-bagian telinga yang berperan sangat penting bagi kehidupkan kita. Jadi kita harus menjaganya sebaik mungkin agar kinerjanya tetap optimal. Terlebih lagi jika anda sering mendengarkan suara-suara keras seperti saat belajar bermain drum, sangatlah penting menggunakan penutup telinga untuk melindungi telinga anda.



Don't forget to follow :
@nitiunyu007


Sumber :http://videoblablabla.blogspot.com/2013/01/bagian-bagian-telinga.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar